Madrasah Aliyah Bilingual (MAB) merupakan lembaga formal tingkat menengah atas yang didirikan di bawah naungan Pesantren Modern al-Amanah pada tahun 2002, dengan tujuan membangun generasi “Brilliant” yang mampu bersinergi dalam aspek religius, intelektual, dan keterampilan. Madrasah dengan sistem kurikulum terintegrasi, memadukan kurikulum nasional berbasis pesantren. Kurikulum pendidikan dengan “Ta’lim wa Tarbiyah” berlangsung selama 24 jam, memadukan akal dan ruh berbasis lingkungan alam sebagai media atau sarana prasarana pendidikan.
Madrasah dengan program jurusan IPA dan IPS, serta dalam proses pembelajarannya melakukan pembiasaan lingkungan berbahasa (al Biiah al Lughowiyah) dalam percakapan keseharian santri, dengan menggunakan bahasa arab dan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Dalam sistem pengembangan santri, Madrasah Aliyah Bilingual memiliki Quality Assurance (QA) yang disingkat dalam jargon “ Brilliant”, Be Religious, Intelligent, and Talented;
Aspek Religious
Membaca Al Qur’an denganfasih dan tartil
Hafal Juz 30 dan 4 suratpilihan (Yasin, ar-Rohman, al-Waqiah, al-Mulk)
Memahami makna bacaan sholat
Mampu memimpin sholat berjamaah, dzikir, dan doa.
Santun dan khidmah kepada orang tua dan guru
Berbudaya bersih dan peduli lingkungan sekitar
Aspek Intelligent
Nilai rata-rata mata pelajaran IPA/IPS 8,00
Mampu membaca kitab kuning
Nilai skor TOEFL dan TOAFL minimal 450
Aspek Talented
Mampu berbahasa asing & Jawa kromo selama 15 menit
Berkarya dalam bentuk digital & seni
Percaya diri dalam public speaking melalui khutbah/pengajian putri
PROGRAM UNGGULAN
Sanggar Tahfidz Entrepreneur (STE)
Program unggulan jurusan IPA
Hafal 30 Juz selama 3 tahun
Entrepreneurship
Sanggar Kutub at-Turots (SKT)
Program unggulan jurusan IPS
Menguasai beberapa Kitab Kuning
Safari Dakwah Offline dan Online
VISI
Terwujudnya Lulusan yang Qur’ani, Cerdas, Terampil dan Kompetitif dalam Globalisasi
MISI
Mengintegerasikan dan mengamalkan nilai-nilai al-Qur’an dengan budaya pesantren dalam kegiatan sehari-hari
Menyelengaarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan menngacu abad 21 (4C dan HOTS)
Menentukan cara pandang dan sikap santri dalam menghadapi setiap persoalan
Menggali dan Mengembangkan basic skills santri dalam setiap kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas
Memahami dan menerapkan percakapan bahasa arab dan bahasa inggris dalam perilaku sehari-hari
Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam persaingan dunia global yang meliputi : teknologi pendidikan, budaya literasi dan berprestasi akademik optimal.